Hillary Kembali Ke Kongres, Bill Dukung Obama

Senator Hillary Clinton kembali ke kehidupan politik, Selasa, sementara suaminya yang mantan presiden, Bill Clinton, memberikan dukungan singkat pada calon presiden dari partai Demokrat, Barack Obama.

Senator New York itu tampil kembali pertama kali di Kongres sejak kalah dalam pertarungan memperebutkan nominasi partai Demokrat dengan Obama tiga pekan lalu.

Hillary tampil di Capitol Hill untuk makan siang dengan rekan Demokratnya di Senat kemudian melakukan pertemuan kampanye gabungan pertamanya dengan Obama di kota Unity di New Hampshire, Jumat.

Mantan ibu negara itu disambut oleh staf dan orang dalam yang berkerumun di luar gedung kongres yang disinari cerahnya cahaya matahari. Hillary tidak berkomentar pada wartawan sebelum menuju makan siang.

Sementara itu, Bill, mengeluarkan pernyataan satu-kalimat melalui jurubicaranya Matt McKenna untuk mendukung Obama.

“Mantan Presiden Clinton tentu saja terikat untuk melakukan apa saja semampunya dan telah diminta untuk bertindak agar memastikan bahwa Senator Obama adalah presidan AS yang akan datang,” kata McKenna.

Bill tidak dijadwalkan untuk berbicara pada acara Jumat itu. Ia membisu pada 7 Juni, ketika isterinya memberikan pidato konsesi yang meriah dan berjanji akan bekerja mati-matian untuk Obama.

Jurubicara Obama, Bill Burton, mengatakan senator Illinois itu dan Hillary telah berbicara pada hari Minggu untuk membahas agar Obama dan Bill dapat berhubungan pada masa yang akan datang.

“Partai Demokrat yang bersatu akan menjadi kekuatan yang sangat berpengaruh untuk perubahan tahun ini dan kami yakin mantan presiden Clinton akan memainkan peran besar dalam hal itu,” kata Burton.

Hillary Clinton menyampaikan pesan persatuan, Senin, lewat video di situs Internetnya. Dia minta pada donor untuk membantu membayar uang muka utang kampanyenya sebesar 22,5 juta dolar — separuh dari yang ia berikan untuk kampanye itu sendiri.

“Bersama kita telah membuat sejarah dan saya akan terus bekerja ke arah tujuan kita bersama membangun Amerika yang menghormati dan memeluk potensi setiap orang terakhir dari kita,” kata Clinton dalam video itu.

“Tujuan itu telah dibagi dengan calon Partai Demokrat kita, Senator Barack Obama, dan saya menanti-nanti untuk berkampanye dengannya di negara kita yang besar ini,” katanya.

Pada Selasa, Clinton akan menghadiri pertemuan anggota Kongres dari partai Demokrat.

Pada Kamis, setelah berpidato pada konferensi politisi Latin, ia dijadwalkan akan memperkenalkan Obama ke pertemuan pribadi pengumpul dana utamanya di sebuah hotel di Washington<ANT>




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: