Mardiyanto,Elit Politik Harus Jadi Panutan

Menteri Dalam Negeri Mardiyanto berharap para elit politik dapat menjadi panutan masyarakat seiring dengan intensitas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang makin tinggi.

“Elit-elitnya kalau berpikir jernih dan menyikapi dengan baik, saya kira masyarakat akan semakin baik,” kata Mardiyanto kepada wartawan usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden Jakarta, Senin, saat diminta komentarnya mengenai pelaksanaan Pilkada Jawa Timur mendatang.

Menurut Mardiyanto, contoh pelaksanaan Pilkada yang lancar dan sukses telah banyak, antara lain Sumatera Utara dan Jawa Barat.

“Elitnya langsung menyampaikan satu cermin, saya kira itu yang saya harapkan kepada masyakarat Jatim,” ujarnya.

Mendagri mengatakan, jika rakyat memiliki kewenangan luas untuk memilih, KPU menjalankan tugas dengan baik, Pemerintah Daerah tidak berpihak, dan elit politik dapat menjaga situasi dengan baik, maka semua akan lancar.

Terkait dengan pro-kontra Pilkada Maluku Utara, Mardiyanto mengatakan bahwa pemerintah telah mengeluarkan imbauan mengenai ketidakberpihakan pemerintah.

“Pelaksanaan bukan pada Mendagri, pelaksanaan ini berada pada KPUD,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mardiyanto mengikuti rapat terbatas mengenai RUU Administrasi Pemerintahan yang juga dihadiri oleh Syamsir Siregar, Kapolri Jenderal Pol Sutanto, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Menkopolhukam Widodo AS, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Hatta Radjasa, Menko Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Aburizal Bakrie, dan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi.<antara>




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: